FILOSOFI PENDIDIKAN
Program Studi Desain Komunikasi Visual UMN menggunakan filosofi pendidikan yang diturunkan langsung dari Universitas Multimedia Nusantara sebagai bagian dari Kompas Gramedia yaitu nilai internal perusahaan Kompas Gramedia – 5C (caring, credible, competent, competitive, dan customer delight). Nilai ini diinternalisasi dan dikodifikasikan oleh seluruh civitas akademika DKV UMN (staff akademik, staff support, dan mahasiswa) dalam menjalankan tujuan, visi, dan misi program studi yang tercitrakan pada seluruh aktivitas akademik baik dalam pengajaran hingga kegiatan kemahasiswaan.
Filosofi pendidikan ini menjadikan DKV UMN selalu dalam lingkup nilai-nilai internal Universitas Multimedia Nusantara sebagai bagian dari Kompas Gramedia untuk senantiasa berkembang dan berinovasi dalam keilmuan Desain Komunikasi Visual.
OUTCOME-BASED EDUCATION
Outcome-Based Education (OBE) merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada keberlangsungan proses pembelajaran dimana pada akhir studi, setiap mahasiswa harus mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual.

CAPAIAN PEMBELAJARAN
CP No | Capaian Pembelajaran (CP) Program Studi Desain Komunikasi Visual |
---|---|
CP-1 | Mampu mengidentifikasi nilai keagamaan, berbudi pekerti luhur, dan berkebangsaan untuk menjalankan pekerjaan sesuai bidang keahlian Desain Komunikasi Visual. |
CP-2 | Mampu menerapkan pengetahuan prinsip dasar Desain Komunikasi Visual dalam praktik berkarya. |
CP-3 | Mampu menentukan gagasan karya dan desain secara individu maupun dalam kelompok kerja. |
CP-4 | Mampu mengkombinasikan ragam visual dalam karya dengan teknik tradisional atau digital. |
CP-5 | "Mampu memutuskan karya desain berdasarkan pengetahuan terhadap proses, data, dan analisis data. |
CP-6 | Mampu mengkonsepkan solusi permasalahan komunikasi visual melalui metodologi riset dan penulisan ilmiah. |
CP-7 | Mampu memanajemen proyek desain komunikasi visual dengan jiwa kewirausahaan dan berwawasan Internasional. |
CP-8 | Mampu menciptakan karya dan produksi desain komunikasi visual. |
LEVEL 1
Level 1 (Basic Level Learning - Foundation) |
---|
Mampu menerima dan memahami nilai-nilai keagamaan, kebangsaan dan etika kerja profesi, serta kepedulian sosial melalui nilai-nilai Caring, Credible, Competent, Competitive, dan Customer Delight, untuk menjalankan pekerjaan sesuai bidang keahliannya dalam skala nasional maupun global. |
Memahami prinsip-prinsip dasar dan pengetahuan tentang proses seni dan desain. |
Mampu menggabungkan elemen desain seperti komposisi, warna, tekstur, karakter, dan ide visual sebagai solusi visual dalam pemahaman dasar Desain Komunikasi Visual. |
Mampu menghasilkan ragam visual berupa model verbal, grafik, tulisan, dan komunikasi dengan menggunakan teknik manual (tradisional) atau digital. |
Mampu berkomunikasi, menghasilkan, dan mempresentasikan ide secara mandiri maupun kelompok. |
LEVEL 2
Level 2 (Intermediate Level Learning - Major) |
---|
Mampu memahami dan melaksanakan tahapan proses dalam desain komunikasi visual mulai dari analisis visual, metode desain hingga produksi. |
Memahami masalah Desain Komunikasi Visual dengan mempertimbangkan aspek historis, sosial, psikologis, budaya, dan bisnis dalam proses desain. |
Visual Brand Design | Interaction Design |
---|---|
Mampu memahami dan menerapkan visual brand design dalam berbagai bentuk dan media. | Mampu memahami dan menerapkan interaktivitas dalam berbagai bentuk dan media. |
Mampu membuat desain visual brand dengan sisi artistik visual, eksplorasi media, dan teknik produksi melalui semua tahapan pengembangan dan produksi desain. | Mampu membuat desain media interaktif dan desain game dengan menekankan sisi artistik visual, gameplay, dan interaktivitas di seluruh tahapan produksi. |
LEVEL 3
Level 3 (Advanced Learning - Advanced) |
---|
Mampu menganalisis masalah komunikasi visual dan memecahkan masalah melalui metodologi penelitian dan penulisan ilmiah. |
Mampu memulai usaha dan mengelola usaha mandiri dengan prinsip kewirausahaan di bidang Desain Komunikasi Visual. |
Visual Brand Design | Interaction Design |
---|---|
Mampu menguasai konsep visual dan komunikasi dalam periklanan dan kampanye untuk entitas bisnis dan sosial. | Mampu menguasai konsep imersi dan media interaktif untuk perancangan dan perancangan game dalam media interaktif. |
Mampu mengelola proyek desain visual merek dan semua proyek yang terkait dengan desain grafis. | Mampu mengelola proyek media interaktif, game, dan semua proyek yang berhubungan dengan multimedia. |
LEVEL 4
Level 4 (Final Level Learning - Final Year Application) / Final LO |
---|
Mampu mempresentasikan dan mengkaji desain dalam bentuk komunikasi visual sebagai pemecahan masalah yang inovatif dengan menggunakan konsep dan nilai estetika yang kuat melalui perspektif global dan kewirausahaan yang mencakup identitas, informasi, dan persuasi sebagai individu atau kelompok. |
LIFELONG LEARNING
No. | Kompetensi Kunci Pembelajaran Seumur Hidup | ELO1 | ELO2 | ELO3 | ELO4 | ELO5 | ELO6 | ELO7 | ELO8 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Komunikasi dalam bahasa utama | v | v | v | |||||
2 | Komunikasi dalam bahasa asing | v | v | v | |||||
3 | Kompetensi Matematika dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi | v | v | v | |||||
4 | Kompetensi Digital | v | v | ||||||
5 | Belajar untuk belajar | v | v | v | |||||
6 | Kompetensi sosial dan kewarganegaraan | v | v | v | |||||
7 | Rasa inisiatif dan kewirausahaan | v | v | ||||||
8 | Kesadaran dan ekspresi budaya | v | v | v |
INDUSTRIES' NEEDS RELATED TO ELO
Job Title / Professional | Job Description | ELO | Concentration Courses | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |||
Graphic Designer | Rancang visualisasi konsep dan tata letak | v | v | v | v | v | v | Visual Brand Design | ||
Art Director | Merancang dan bertanggung jawab atas konsep visual iklan visual | v | v | v | v | v | v | |||
Creative Director | Merancang dan bertanggung jawab atas strategi kreatif dan media. | v | v | v | v | v | v | v | v | |
Copywriter | Rancang kata-kata persuasif sebagai pendukung utama dalam periklanan | v | v | v | ||||||
Junior Designer | Rancang visualisasi menerjemahkan konsep merek | v | v | v | v | |||||
Senior Designer | Merancang dan bertanggung jawab atas konsep kreatif dan visual merek | v | v | v | v | v | v | |||
Technopreneur | Merancang dan bertanggung jawab serta menjalankan pengembangan bisnis berbasis industri kreatif | v | v | v | v | v | v | v | v | |
Asset Designer | Merancang aset media visual baik interaktif digital maupun non-digital | v | v | v | v | v | v | Interaction Design | ||
Junior Designer | Visualisasi desain terjemahan konsep interaktif | v | v | v | v | |||||
Senior Designer | Merancang dan bertanggung jawab atas konsep kreatif dan media interaktif | v | v | v | v | v | v | |||
UX Designer | Lakukan pengujian pengguna pada media interaktif | v | v | v | v | v | v | v | ||
Art Director | Merancang dan bertanggung jawab atas konsep interaktif media | v | v | v | v | v | v | v | v | |
Interaction Designer | Merancang dan bertanggung jawab atas pola dan konsep interaksi pada media interaktif | v | v | v | v | v | v | v |


Menguasai konsep visual dan komunikasi dalam branding, advertising, dan campaign dengan membuat desain komunikasi yang menekankan sisi artistik visual, eksplorasi media, dan teknik produksi melalui seluruh tahapan pengembangan dan produksi desain meliputi:
1. Menerjemahkan klien singkat ke dalam konsep desain
2. Mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep desain (Brainstorming)
3. Merancang pekerjaan berdasarkan brief
4. Tentukan pekerjaan desain material
5. Presentasikan hasil desain
6. Membentuk dummy dan/atau prototype
7. Mengerjakan karya seni akhir dalam berbagai desain
8. Mengevaluasi karya desain
9. Merekomendasikan argumen yang meyakinkan terhadap karya desain kepada klien
10. Mengelola dan mengelola tim kerja produksi
Menguasai konsep imersi dan interaktivitas untuk desain dalam media interaktif dengan menekankan sisi artistik visual, gameplay, dan interaktivitas melalui semua tahapan produksi, meliputi :
1. Menghasilkan produk berupa media interaktif
2. Memecahkan masalah secara kreatif berdasarkan prinsip-prinsip desain, baik melalui penelitian, solusi praktis, estetika, dan pengetahuan konseptual
3. Mengkomunikasikan ide dan berinteraksi dengan audiens secara verbal, visual, tertulis, dan interaktif
4. Mampu mengeksekusi secara teknis, estetis, dan membuat keputusan konseptual berdasarkan pemahaman prinsip-prinsip seni & desain
5. Mengevaluasi pekerjaan mereka secara profesional
6. Memahami dan mengadaptasi dinamika yang terjadi dalam perkembangan seni & desain digital interaktif
7. Pelajari keterampilan dan sikap profesional yang dibutuhkan untuk bersaing secara global di bidang seni & desain
FINAL PROJECT COURSE
